Arti dari Kesederhanaan

Assaalam,

Hola ganbro n sisbro semua, how are you today? Gue yakin mayoritas ganbro n sisbro semua lagi pada happy nih, apalagi kalo bukan karena longggg weeekeeeenddddd yeayyy... Sambil menikmati libur yang lumayan panjang, ga tau deh ya kalo hari senin ada yang upacara bendera apa engga haha, yuk disimak tulisan lanjutan dari bahasan kita yang kemarin. Buat yang belum baca bisa dulu dibaca yang pertama disini, lalu yang kedua disini, dan tulisan kali ini merupakan part 3 yang masih ada kaitannya dari 2 artikel tersebut, macam trilogi aja nih jadinya ya wkwkwk. Sebelumnya mohon maaf karena blog nya jadi penuh dengan merah putih, cuma maksud untuk memeriahkan ulang tahun Indonesia tercinta, dan tanpa panjang lebar lagi kita langsung mulai aja yuk bahasannya, so cekidot ganbro n sisbro :)

Kemarin gue udah bahas kurang lebih tentang kesederhanaan dalam kacamata islam, nah kali ini yang akan gue bahas adalah hedonisme vs kesederhanaan dalam konteks yang lebih luas lagi, dari sudut pandang yang berbeda. Dalam pandangan hedonis, seperti yang udah kita bahas bahwa tujuan nya adalah kesenangan, dimana kesenangan ini derajatnya masih dibawah kebahagiaan, sementara kesederhaan ini tujuan utamanya adalah kebahagiaan, jadi artikel ini sih lebih menunjukkan bahwa kesederhanaan lebih baik daripada hedonisme.

Mungkin banyak yang salah tafsir bahwa sederhana itu sama dengan kemiskinan, hidup pas-pasan dan seadanya. Padahal kesederhanaan yang dimaksud disini adalah sebuah gaya hidup, bukan tentang kaya atau miskin, tapi lebih kepada cara pandang kita mengenai gaya hidup yang kita jalani, bukan tentang kepemilikan. Orang kaya pun banyak yang menerapkan kesederhanaan dalam hidupnya kok, contoh nyata aja yaitu almarhum Bob sadino, siapa yang ga tau beliau? Beliau termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia, tapi coba lihat penampilannya, kesehariannya hanya memakai pakaian safarii/hawaii plus celana pendek, dimana ini merupakan salah satu terapan dari gaya hidup sederhana. Bukan berarti kita juga harus seperti itu. Seperti yang gue bilang tadi, bahwa kesederhanaan itu merupakan gaya hidup, sebuah hasil pemikiran yang kontra akan kehidupan hedonis, untuk penerapannya dalam kehidupan banyak macamnya.

Kesederhanaan dalam hidup itu berawal dari pikiran, hidup sederhana adalah terus belajar menjernihkan pikiran kita dari rumitnya dunia yang kita hadapi, dimana ujungnya adalah ketenangan pikiran dan kebahagiaan, bukan kesenangan. Sementara kesederhanaan dalam kacamata materi adalah tidak boros, tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang ga penting dan ga bermanfaat. Mungkin saja daya belinya sanggup untuk membeli apapun, namun orang yang hidup sederhana lebih memilih untuk membeli yang dibutuhkan, punya skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhannya. 


"In character, in manner, in style, in all things, the supreme exellence is simplicity - Dalam karakter, sikap, gaya, dalam segala hal, kesederhanaan adalah hal yang terindah." [Henry Wadsworth Longfellow]

Kesederhanaan itu adalah cerminan dari kematangan diri kita, semakin matang seseorang maka ia akan berlaku lebih sederhana dan simpel. Kesederhanaan yang paling baik adalah peristiwa ketika ALLAH mencipta segala sesuatu. ALLAH hanya mengatakan kun fayakun, maka jadilah apa yang diinginkan ALLAH. Ini merupakan gambaran Kesederhanaan Tingkat Tinggi. Semakin matang dan dewasanya pemikiran seseorang ia akan menjadi lebih bijak, dan biasanya dibarengi dengan pola pikir dan gaya hidup yang sederhana. 

Di saat dunia yang kita tinggali saat ini, tidak sedikit dari kita yang mengagungkan dan mudah terpesona dalam hal-hal yang kompleks dan rumit . Dalam pikirannya, segala yang rumit atau kompleks, pastilah luar biasa, canggih, dan ‘wah’. Namun sayangnya kadang pandangan tersebut dibarengi dengan menganggap remeh hal-hal sederhana. Kesederhanaan dipandang hanya sebelah mata. Apakah benar kesederhanaan itu tidak luar biasa dan powerful? Yap dunia kita ini udah begitu kompleks, udah terlalu ruwet dan ribet, dimana banyak dari kita yang menganggap yang kompleks dan ruwet seperti itu merupakan hal yang keren, bukan kah akan lebih indah keruwetan itu dijadikan menjadi sesuatu yang lebih sederhana sehingga kita bisa menikmatinya dengan nyaman?


Tahukah ganbro n sisbro semua, bahwa kesederhanaan itu mengingatkan kita untuk selalu mensyukuri segala nikmat apapun yang diberikan tuhan kepada kita? Dalam kesederhanaan, seringkali kita menjadi lebih bersyukur atas apa yang kita miliki, ga kemakan gengsi dan ego. Mungkin bisa dianalogikan begini, ada seseorang yang setelah makan direstoran mahal barulah ia merasa puas dan merasakan kenikmatan, namun ada juga orang yang cukup dihidangkan gorengan dan segelas kopi sudah merasakan kenikmatan dan ketenangan. Atau ada seseorang yang baru merasa puas setelah membeli pakaian bermerk terkenal, namun ada pula orang yang puas dengan membeli baju yang layak pakai tanpa mempermasalahkan apapun merk dan brandnya. Banyak diluar sana orang yang secara materi berlimpah namun tidak merasakan kebahagiaan, hal ini bisa jadi disebabkan karena pola pikirnya yang belum sederhana sehingga kurangnya rasa syukur atas nikmat yang dia telah dapatkan, selalu melihat keatas hingga lupa melihat kebawah.


"Kesederhanaan membuat anda melihat keindahan di setiap kemewahan dan keindahan disetiap hal yang tidak mewah."

Dampak lain dari kesederhanaan yaitu adalah mengurangi tingkat kecemburuan sosial, coba buka mata dan buka pikiran, apakah di negara yang kita cintai ini mayoritas orang berada?? Dengan bergaya hidup hedon, kita akan semakin jauh dengan mereka yang membutuhkan uluran tangan kita, kita akan semakin lupa bahwa masih banyak orang-orang yang hidupnya ga seberuntung hidup kita dan akhirnya kita akan lupa untuk mensyukuri kehidupan kita. Coba bayangin, dengan kesederhanaan kita akan mampu merasakan kesulitan orang-orang yang ga mampu diluar sana, hati dan pikiran kita akan terbuka untuk membantu mereka yang membutuhkan, dan kita akan sangat bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan dalam hidup kita, indah bukan???

So got my point?? Yap orang yang sederhana ga diribetkan dengan sesuatu hal yang sebetulnya sepele, tanpa harus makan diresto yang mahal, ia dapat mensyukuri yang ada, tanpa membeli pakaian bermerk, ia pun sudah bersyukur dapat membeli pakaian yang layak. Dari sini kita bisa lihat bahwa kesederhanaan membawa kita kedalam ketenangan pikiran serta kedewasaan sikap, memberikan ruang kepada kita untuk berpikir lebih dalam atas makna kehidupan, dan pastinya membuat kita menjadi manusia yang lebih bersyukur atas apa yang kita miliki. Orang yang sederhana ga dibikin pusing oleh masalah gengsi dan pride, dimana gengsi dan pride ini kalo kita turutin terus ga akan ada habisnya. Ga akan iri melihat hidup orang lain yang lebih daripada dirinya. Kesederhanaan akan membuat kita lebih terfokus kepada hal-hal kecil yang kadang jarang kita syukuri, dan pada akhirnya kita akan merasakan hidup yang lebih bahagia dari sebelumnya :-)

"Most people are about as happy as they make up their minds to be - Orang-orang merasa bahagia ketika mereka memutuskan untuk berpikir bahwa mereka bahagia." [Abraham Lincoln] 




 


2 Responses to "Arti dari Kesederhanaan "

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    ReplyDelete

wdcfawqafwef