Menara Eiffel, Sebuah Lambang Cinta

Hola ganbro dan sisbro semua,

Bonne Journee
Yap artinya adalah selamat siang dalam bahasa perancis, yah klo mbah google ga salah sih translatenya(hehe). Bingung ya tiba-tiba ko ngomong perancis? Tenang gue ga kesurupan setan perancis kok, gue sekarang lagi pengen ngebahas Perancis nih, dimana Paris sebagai ibukotanya katanya sih disebut kota cinta. Wait jangan semangat gitu dong, liat kata cinta langsung melek (haha), well gue ga pengen ngomongin kenapa disebut kota cinta nya sih, tapi mau ngomongin ikon nya si kota cinta ini. Yap pada tau dong itu tuh menara eiffel, menara besi yang menjulang tinggi di tengah kota Paris. Yah walaupun menurut gue masih bagus Monas punya Indonesia (iloveindonesia) tapi gapapa lah kita bahas ya, siapa tau nanti kita bisa ketemu disana (hopefully) :p



Menara Eiffel ini adalah bangunan tertinggi di kota Paris, hayo siapa yang tau siapa yang merancang menara ini? yap dia adalah om Gustave Eiffel, nah nama menara ini diambil dari sang pembuatnya sebagai bentuk penghormatan. Infonya sih menara ini sudah dikunjungi lebih dari 200.000.000 orang dari seluruh dunia sejak menara ini dibangun pada tahun 1889, wah udah tua bingits ya rupanya menara ini. Menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi sungai Seine di Paris ini sukses menjadi landmark Perancis, khususnya kota Paris, padahal sebelumnya menara ini diajukan untuk dibangun di barcelona loh.

Nah tinggi dari menara Eiffel ini sendiri sih sekitar 325 meter (1063 kaki), atau bisa disamakan dengan bangunan konvensional yang memiliki tingkat 81, luar biasa bukan? Ketika menara ini selesai dibangun pada tahun 1889, menara ini menjadi yang paling tinggi di dunia loh hingga pada tahun 1930 rekor menara ini dipecahkan oleh Chrysler Building di New York City. Kalo sekarang sih yang tertinggi kelima di Perancis, dan paling tinggi di Paris.

Struktur besi menara Eiffel ini berbobot 7300 ton, dan kalo menara ini di Indonesia ga tau deh berapa lama sanggup bertahan, biasanya sih udah keburu dikiloin, contoh suramadu misalnya (lol). Itu baru besinya aja sih, kalo total keseluruhan beratnya sih bisa mencapai 10.000 ton, kalo dikiloin dapet berapa ya?wkwkwk.

Dulu pada saat menara ini selesai dibangun rupanya banyak dikritik loh oleh orang-orang disana, karena mengganggu mata dan pemandangan. Surat kabar harian saat itu dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni yang ada di Paris. Mereka mengkritik karena desain eiffel terkesan memaksakan dan tak berseni. Yah sekarang ini untuk membuatnya lebih menarik dan lebih hidup, ada 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6000 watss berputar secara permanen di puncak menara.

Dibalik keindahan menara Eiffel rupanya tersimpan kisah-kisah tragis juga loh ganbro dan sisbro semua. Pernah suatu ketika seorang turis asal israel nekat naik ke puncak menara dan terjun bebas dari atas dan tewas seketika (jangan ditiru ya). Menurut manajemen menara Eiffel, kasus bunuh diri yang terjadi di menara ini bukan cuma sekali dua kali tapi mencapai 341 kasus tercatat kasus bunuh diri di menara Eiffel ini. Pemerintah Perancis pun sempat berwacana untuk merubuhkan menara ini dan yang pasti bukan untuk dikiloin, namun batal karena menara ini banyak memberikan manfaat dan keuntungan untuk kota Paris, hingga akhirnya dirawat sampai sekarang ini dan jadi salah satu simbol cinta dan romantisme.

Nah beberapa fakta menarik tentang menara Eiffel, cekidot ganbro dan sisbro :
  • Lift di menara Eiffel, jika dihitung jumlah kegunaan tahunannya adalah sama dengan 2 setengah kali mengelilingi dunia, atau lebih dari 103.000 km.
  • Apabila berangin menara ini bergoyang sedikit, gimana kalo disetel musik dangdut ya? haha.
  • Menara ini di cat ulang tiap 7 tahun sekali, bayangin berapa banyak cat yang digunakan deh.
  • Sewaktu pembukaan menara Eiffel, sang arsitek Gustave Eiffel mendaki menara ini melalui anak tangganya yang berjumlah kurang lebih 1710 anak tangga hingga ke puncak dan menancapkan (emangnya gunung?) bendera Perancis dengan tangannya sendiri.

Yah itu sih sekedar pengetahuan tentang menara Eiffel, semoga menambah wawasan kita semua. Terakhir semoga kita bisa berkunjung kesana apalagi bersama orang yang dicintai dan melihat langsung bagaimana indahnya menara tua ini. Yah kalaupun tabungan belum cukup untuk pergi kesana, bisa berkunjung ke Monas dulu lah sebagai pemanasan (haha), dan yang paling penting kalau ganbro dan sisbro mau berkunjung ke Monas jangan lupa siapkan receh untuk para pengamen disana, karena pengamen disana agak galak sih, mungkin karena saking panasnya monas jadi emosian ya :p


0 Response to "Menara Eiffel, Sebuah Lambang Cinta"

Post a Comment

wdcfawqafwef