CARA MENGECILKAN (RESIZE) UKURAN FOTO DENGAN MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER

Assaalam,

Hola ganbro n sisbro semua, long time no see ya wkwkwk. Mohon maaf sebelumnya nih sebulan terakhir ini gue jarang posting nih dikarenakan pekerjaan yang sangat menumpuk, ditambah suasana kerja yang lagi panas-panasnya, baru ngerasain yang namanya perang antar departemen di lingkungan kerja wkwkw. Nah kali ini gue mau posting sesuatu yang inshaAllah bermanfaat buat ganbro n sisbro semua :)

Intro dulu sedikit ya, hehe berawal dari sebuah lowongan kerja yang cukup menarik dan menantang untuk ditaklukkan layaknya seorang gadis (lol), setelah meneliti dengan seksama dalam syarat yang harus dikirimkan via email yaitu ada nya foto ukuran 4*6 dimana soft copy yang gue punya ukurannya masih segede gaban. Berhubung ilmu sotosop gue cetek makanya gue putar otak gimana cara mudah untuk merubah ukuran foto jadi 4*6 dan juga memperkecil ukurannya menjadi hanya 100kb, setelah bertapa bareng si mbah google dapet lah cara mudah dan simpel, so cekidot gan n sisbro tutorialnya...

Ternyata ga perlu software aneh-aneh, cukup dengan Microsoft Picture Manager yg biasanya sudah secara otomatis terinstal dalam grup Microsoft Office, sebelumnya mohon maaf tutorialnya ga pake foto gue karena takut pada kesengsem ekekekekek so langsung aja yang harus kita lakukan yaitu :

1. Pastinya buka dulu dong Microsoft Picture Manager nya :D

Langkahnya  Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Tools > Microsoft Office Picture Manager



Atau langsung dari gambar yang akan anda edit dengan langkah:

Buka foto yang akan anda edit > klik kanan > Open with > Microsoft Office Picture Manager
Atau langsung dari gambar yang akan anda edit dengan langkah:
Buka foto yang akan anda edit > klik kanan > Open with > Microsoft Office Picture Manager





2.  Nah setelah masuk di Microsoft Office Picture Manager, kita tinggal pilih menu Picture atau pun Edit Pictures, coba perhatikan gambar dibawah ini yang gue lingkarin merah itu loh gan n sisbro.. 



Setelah itu untuk merubah ukuran gan n sisbro pilih submenu Crop, perhatikan lingkaran pada gambar diatas.

3. Langkah selanjutnya yang gan n sisbro harus lakukan adalah merubah ukuran menjadi 4×6. untuk itu klik menu Crop dan akan ketemu tampilan seperti gambar dibawah ini.



Lalu ubahlah pada menu Aspect Ratio menjadi 4×6 (dalam kasus gue butuh 4*6). Dan ubah posisi menjadi potrait ataupun landscape sesuai kebutuhan gan n sisbro, sisanya ga perlu kita atur karna akan mengatur secara otomatis ketika kita memilih Aspect Ratio. Setelah itu klik OK. Lalu  Save. dan tadaaaaa maka foto ganbro n sisbro akan berubah rasionya menjadi 4×6.

Nah sampai sini ada pertanyaan ga? Udah cukup jelas sepertinya ya hehe, nah oke mari kita lanjut. Setelah ukuran gambar/foto tadi sudah kita buat sesuai ukuran yang kita mau, selanjutnya adalah mengecilkan besaran dari foto tersebut, bahasa padangnya compress. Berikut langkah untuk meng-kompres foto yang lagi sakit demam  tadi kita telah buat ukurannya.

4. Kembalilah ke menu awal dengan klik menu Edit Pictures… Lalu klik menu Compress Pictures. Lalu pilih yang Documents > Klik OK > Save. 


 

Lingkaran diatas menunjukkan bahwa ukuran foto yang asalnya 1.51 Mb akan dikompress menjadi 250KB. Jangan lupa untuk meng-klik Ok lalu Save. Untuk mengecek ukuran dari file foto/gambar yang sudah dikompress tadi cukup arahkan kursor mouse gan n sisbro ke foto yang tadi diedit. maka akan keluar menu informasi. Disitu anda dapat melihat ukuran foto anda. jika masih kurang kecil .

Apabila ukurannya masih gan n sisbro rasakan kurang kecil jangan dibawa ke mak erot, coba langkah dibawah ini :


5. Kembali ke menu awal dengan klik menu Edit Pictures… Lalu klik menu Resize. Isi pada kolom Percentage of original width x height: dengan nominal antara 80-90 %. Lalu klik OK > Save.



Dan jadilah file foto dengan ukuran 4*6 dan besaran file yang kita inginkan. Sekian tutorian dari gue semoga bermanfaat ya ganbro n sisbro :)





0 Response to "CARA MENGECILKAN (RESIZE) UKURAN FOTO DENGAN MICROSOFT OFFICE PICTURE MANAGER"

Post a Comment

wdcfawqafwef