Yuk Belajar Bahasa Inggris :)

Hola ganbro dan sisbro semua, im back...

Yap kita sekarang mau bahas tentang bahasa inggris disini, dimana bahasa ini adalah bahasa global. Seperti yang brader dan sister tau, jaman sekarang kalo ga bisa bahasa inggris katanya sih ga gahoool gitu deh. Namun banyak dari kita, khususnya orang Indonesia, yang sudah pasrah saja sebelum mencoba belajar bahas inggris ini, padahal anything is possible selama kita mau berusaha dan belajar.



Sebelumnya gue akan coba sadarkan dulu temen-temen tentang perlu dan pentingnya bahasa inggris untuk kita semua. Seperti yang kita ketahui, bahasa inggris adalah bahasa global, dimana dunia internasional menggunakan bahasa ini sebagai bahasa standarnya. Utamanya dalam dunia kerja, bila ganbro dan sisbro bisa berbahasa inggris, otomatis itu adalah nilai plus bagi kalian. Dalam pergaulan pun banyak orang mencampur bahasa indonesianya dengan bahasa inggris entah motifnya agar terlihat keren atau apaun itu, coba deh tengok para presenter acara pencarian bakat, mereka ngomongnya gado-gado bukan?. Bukannya ga cinta bahasa indonesia, namun menguasai bahasa asing itu adalah tuntutan zaman. Kalian tau sendiri kan dengan gadget yang ada ditangan kalian sekarang ini, kalian bisa berselancar keujung dunia sekalipun, dan dengan bahasa inggris yang cukup hal itu akan lebih mudah bukan?

Belum lagi kita akan memasuki AFTA (Asean Free Trade Area) yang rencananya akan dimulai ditahun ini. Dengan adanya AFTA ini, otomatis ASEAN akan menjadi satu daerah bebas perdagangan, pekerjaan dan lainnya, singkatnya ganbro dan sisbro akan lebih mudah bekerja di negara lain sesama kawasan ASEAN, begitu juga warga negara yang tergabung dalam ASEAN, pasti bisa lebih mudah juga masuk ke negara ASEAN lainnya untuk mencari pekerjaan, and guess what, bahasa inggris adalah syarat mutlak yang harus dikuasai jika tidak ingin kalah saing dengan mereka.

Yang sangat disayangkan, banyak dari kita yang malas untuk belajar bahasa inggris, kenapa?
Mungkin ada yang bilang gue orang indonesia, jadi cukup bahasa indonesia aja, ada juga yang bilang ga usah banyak gaya pake bahasa inggris segala, ada yang berhenti belajar karena saat salah mereka diledek temannya, ada juga yang nyerah padahal baru belajar sedikit, dan beribu alasan lainnya -__-"

Kalo ga usaha yah ga akan bisa ganbro dan sisbro, intinya adalah konsistensi !!
Semua ga ada yang instan, yang enak itu cuma mie instan !!

Belajarlah bertahap, ga usah terburu-buru ingin bisa, karena belajar itu proses, hasil akan seiring dengan usaha yang dilakukan.

Nah gue akan sharing sedikit nih tips dan trick paling simpel menurut gue, supaya ganbro dan sisbro lebih mudah belajar bahasa inggris.
Kalau belajarnya senang, pasti akan lebih semangat bukan buat mempelajarinya :)

1. Belajarlah melalui media.

Kamsudnya gimana nih broo? Maksud gue disini, belajarlah melalui media seperti musik-musik berbahasa inggris, film-film berbahasa inggris. Menyenangkan pastinya, dengan mendengar musik atau menonton film berbahasa inggris kita akan dilatih untuk mendengar (listening) sehingga cepat atau lambat akan bisa dengan sendirinya. Contohnya jika ganbro,sisbro beli dvd (jangan yang bajakan ya, suka renyek gambarnya lol), saat nonton filmnya coba jangan gunakan translate indonesia, gunakanlah translate inggrisnya. Hal ini selain membiasakan dengan bahasa inggris juga dapat menambah kosakata kita dan juga spelling kita, contoh lagi saat mendengar musik berbahasa inggris yang kita sukai, coba untuk searching lirik lagunya, kemudian nyanyikan, apabila ada kata yang gak tau panggil om google translate buat nerjemahinnya. Dijamin dengerin suatu musik apabila mengerti pesan yang disampaikannya akan sampai ke hati loh (haha), ini juga ngelatih pengucapan kita (speaking) dan menambah kosa kata yang kita ketahui.

2.  Jangan takut salah dan mencoba.

Nah kuncinya itu disini, jangan pernah takut salah ketika nyoba mempraktekkan bahasa inggris yang ganbro,sisbro pelajari. Yang namanya mahir dalam sesuatu itu pasti didahului oleh praktek, kalo salah coba terus, ga usah malu, malah terkadang lucu ko kalo salah :p. Yang penting kalo salah mau dikoreksi, jangan ngerasa bener sendiri. Biasanya dari hal salah inilah kita bakal inget terus yang benernya itu seperti apa. Banyak orang yang sedang belajar bahasa inggris hal ini menjadi kendala utamanya. Yah entah karena malu karena diejek, malu bibirnya belepotan ngucap inggris dan lain sebagainya yang kadang alasannya lucu-lucu. Bisa itu karena terbiasa, jadi biasakan diri loe :)

3. Pahami Tenses.

Nah klo udah seneng, pasti jadi pengen tau lebih dalam dong bahasa inggrisnya. Ibaratnya ngeliat cewe cantik atau cowo ganteng, klo ganbro dan sisbro suka pasti pengen tau lebih dalem tentang doi bukan?.
Nah klo udh mulai suka sama bahasa inggris coba deh dibuka tenses-tenses, tenses itu adalah struktur kalimat yang digunakan dalam bahasa inggris, entah itu menyatakan masa sekarang (present), masa depan (future), ataupun masa lalu (past), jangan galau ya liat kata masa lalu nanti malah keinget kenangan indah bersama mantan lagi (lol). Memang agak sedikit rumit, tapi kalo udah suka apalagi cinta apa sih yang ga dilakukan (haha). Nah dalam belajar tenses ini ga usah terburu-buru, yang paling penting itu paham, bukan hapal. Belajarlah yang mudah dulu, biasanya sih belajar present dulu, kalo udah paham, baru pastnya dihajar, klo udah baru future nya deh. Jangan lupa juga coba saat denger musik or nonton film cari mana yang past,present, atau futurenya agar lebih gampang ngingetnya, sekali lagi inget, bisa karena terbiasa :)


Kalo menurut gue sih 3 trick ini cukup ampuh kalo kita jalanani secara rutin, inget step by step jangan terburu-buru. Semua butuh proses, yang bertahan pada proses itulah yang akan dapet hasilnya.
Jadi ga ada alasan lagi untuk ga ngerti bahasa inggris bukan ? Yuk belajar bahasa inggris dari sekarang :)

YOU CAN DO IT, COZ ANYTHING IS POSSIBLE :)


2 Responses to "Yuk Belajar Bahasa Inggris :)"

  1. Yap betul gan, ane pernah denger tuh kampung inggris, menurut temen ane yang pernah nyoba itu tuh bagus banget, yap bisa karena terbiasa :)

    ReplyDelete
  2. Salah satu cara biar cepet belajar bahasa inggris itu lewat Komunitas English-Indonesia online
    Atau download applikasi android yang mendukung juga
    http://hitsenglish.com

    ReplyDelete

wdcfawqafwef